Mengetahui Gaya Kepribadian Atasan Anda by Yudha Argapratama

Ada berbagai buku dan artikel yang ditulis dengan topik mengelola bos/atasan Anda. Asumsi  utama dari semua tulisan tersebut  sama: Jika Anda tahu gaya kepribadian manajer/atasan Anda,Anda akan mampu mengelola orang ini dengan mengetahui apa kebutuhan dan keinginan manajer anda dan bagaimana manajer Anda suka untuk bekerja dan berkomunikasi. Jika Anda dapat mengelola orang ini, Anda akan memiliki sedikit masalah dengan dia. Ada empat tipe kepribadian dasar bahwa manajer harus diketahui.  Beberapa manajer memiliki gaya kepribadian yang berbeda sementara yang lain kombinasi dari dua atau tiga gaya. Baca deskripsi  dibawah ini  dan lihat apakah Anda dapat mengetahui gaya manajer Anda. Jika Anda bisa, Anda akan lebih sukses bekerja dengan manajer Anda.

The Monopolizers (Si Monopolis)
Mereka ingin menjadi jawaban atas segala sesuatu. Para manajer yang cepat dalam mengambil keputusan dan teguh pada keputusan mereka, sangat terorganisir, dan berorientasi pada bottom-line. Mereka adalah jenis yang ”my way atau highway”. Jika Anda bekerja untuk Si Monopolis, pastikan Anda jelas dan langsung dengan komunikasi Anda, Anda siap memiliki semua fakta, dan bersiaplah untuk melakukan apa yang mereka katakan.

The Methodicals (Si Metodis)
Mereka adalah jenis analitis. Para manajer ini ingin mengambil waktu untuk  mengumpulkan  informasi dan data sebelum membuat keputusan. Mereka sangat stabil dan dapat diprediksi dan sangat peduli dengan akurasi. Mereka tidak  suka membuat keputusan terlalu cepat  dan selalu mencari informasi lebih lanjut atau yang berbeda. Jika Anda bekerja untuk Si Metodis, bersabarlah! Sadarilah bahwa mereka mencoba untuk membuat terbaik keputusan berdasarkan semua data. Ketika Anda memberikan pendapat atau saran Anda, pastikan bahwa Anda telah menganalisis dengan hati-hati dan dapat menjelaskan alasan Anda dan logika untuk mereka.

The  Motivators (Si Motivator)
Ini adalah atasan yang menyenangkan berada di sekitar. Mereka tampil karismatik dan tampaknya memiliki hubungan yang baik dengan semua orang di organisasi. Mereka memiliki energi yang tinggi, kreatif, dan memiliki semangat kompetitif. Namun, mereka sering berbicara lebih banyak daripada yang mereka butuhkan.
Mereka suka untuk memulai sesuatu, tetapi untuk menyelesaikannya, itu  lain cerita.Mereka hanya senang berbicara dan bersenang-senang dan kadang-kadang pekerjaan mendapatkan tempat di belakang. Ketika berkomunikasi dengan Motivator, pastikan untuk melakukan banyak diskusi. Tanyakan mereka bagaimana  akhir pekan mereka, bagaimana anak-anak, dan sebagainya. Sebelum mereka bisa berjalan turun ke bisnis, mereka perlu bersosialisasi.

The Mixers (Si Campuran)
Anda mungkin memiliki lingkungan kerja yang santai dan santai jika atasan anda adalah Mixer. Mixer memiliki rasadedikasi  yang kuat, adalah anggota tim yang loyal, sabar, simpatik, pengertian,
diandalkan, dan hebat menjaga perdamaian. Mereka lebih suka menghindar dari konflik. Mereka tidak menyukai perubahan. Mereka mendukung status quo. Mereka juga mungkin lebih peduli
dengan bagaimana orang melakukan pekerjaan daripada hasil dari pekerjaan itu sendiri. Mereka selalu ada untuk Anda. Kebutuhan orang lain datang sebelum mereka sendiri. Ketika bekerja dengan Mixers,gunakan topi perasaan Anda dan kerja sama tim. Anda akan membutuhkannya!

Sumber :  Loren B. Belker & Gary S. Topchik THE FIRST-TIME MANAGER.FIFTH EDITION. AMACOM. 2005

Artikel menarik lainnya :

You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Mengetahui Gaya Kepribadian Atasan Anda by Yudha Argapratama”

  1. Anita says:

    Betul slkaei boss…apa yang kita cari dalam bekerja hanyalah untuk anak-anak kita dan akan menjadi kebanggaan tersendiri ketika anak kita berhasil.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Designed by: wordpress themes free | Thanks to Find Free WordPress Themes, wordpress themes 2012 and WordPress Themes