Meeting Management : Menghadapi orang yang sulit dalam Meeting

Orang sulit dalam meeting bisa disebabkan oleh  beberapa alasan. Mereka mungkin memiliki masalah yang belum terselesaikan dalam kehidupan pribadi mereka yang mempengaruhi sikap dan komitmen mereka terhadap subyek meeting. Mereka mungkin kekurangan empati dan membuat komentar tidak sensitif atau tidak patut, atau mereka mungkin hanya tidak terampil dalam proses negosiasi dan membuat kesalahan. Apa pun penyebabnya, cobalah untuk tidak bereaksi berlebihan dan membuat situasi lebih buruk. Yakinlah bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memindahkan pertemuan di dalam cara yang positif.

Bagaimana bereaksi dengan tepat
Kesulitan yang Anda temui dengan orang biasanya jatuh ke salah satu dari beberapa kategori. Seseorang mungkin bicara terlalu banyak; lain mungkin merasa sangat menguasai subjek dalam diskusi, yang lain mungkin marah. Berikut adalah beberapa teknik sederhana untuk mengelola setiap jenis situasi.

a. The Talkative (Si Banyak Bicara)

Dalam kasus orang yang suka mendengar suara mereka sendiri, Anda harus cukup tegas untuk mengarahkan dengan sopan  dan mengingatkan setiap orang kepada agenda  yang dibahas dan mengarahkan diskusi kembali ke sana. Juga menyebutkan target  waktu  dan bagaimana progress meeting ini berkaitan dengan hal itu.
b. The Passionate (Si terlalu bergairah)

Hal yang sama berlaku untuk berurusan dengan orang yang merasa sangat bergairah atau menguasai tentang masalah dalam diskusi dan yang mungkin merasa bahwa orang lain tidak berbagi minat dan komitmen yang sama. Sekali lagi, pastikan bahwa mereka mendapatkan kesempatan untuk menyuarakan pandangan mereka, tetapi juga bahwa mereka memberikan orang lain kesempatan untuk mengungkapkan pandangan mereka juga. Arahkan  yang sesuai dan ringkas jika Anda merasa mereka akan mengulangi
sesuatu. Ingatlah bahwa meeting adalah diskusi dengan tujuan, bukan kesempatan bagi peserta untuk berlatih monolog.

c .The Angry (Si Pemarah)

Jika Anda sedang mendiskusikan topik sangat kontroversial, emosi mungkin keluar. Jika Anda merasa situasi semakin panas dan lebih banyak celaan daripada pendapat yang baik, masuklah untuk meredakan ketegangan. Sarankan untuk break di luar ruang meeting selama 15 menit atau lebih, yang akan memberikan orang waktu untuk menenangkan diri dan menilai apa yang telah terjadi. Jika suara meninggi, naikkan suara Anda melebihi suara orang lain, kemudian turunkan kembali volume  ke kondisi bicara normal. Ini akan memungkinkan diskusi untuk kembali ke kondisi yang lebih stabil.

 

Sumber : Manage Meeting Positively, A & C Black Ltd.2006

Artikel menarik lainnya :

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Designed by: wordpress themes free | Thanks to Find Free WordPress Themes, wordpress themes 2012 and WordPress Themes