TIPS FOR TRAINER : Merespon Pertanyaan Trainee

Apa yang anda lakukan sebagai seorang trainer dalam menghadapi pertanyaan yang diberikan kepada para trainee.

Berikut 10 tips yang perlu diperhatikan para trainer saat menerima pertanyaan :

1. Jangan potong pertanyaan

Hal simple ini, tapi kadang kala tidak mudah untuk dilakukan.

2. Yakinkan apa Inti pertanyaannya

Setelah pertanyaan disampaikan, yakinlah kalau anda mengerti maksud pertanyaan si penanya agar waktu menjawab tidak membuang waktu banyak. Tanyakan kepada si penanya apabila ada yang kurang jelas.

3. Pastikan semua Peserta lain mengerti pertanyaan tersebut

Agar dialog tidak hanya dimengerti oleh penanya dan trainer, jangan terburu-buru menjawab pertanyaan tapi cobalah untuk melihat respond Peserta lain apakah mereka mengerti pertanyaan tersebut. Trainer dapat mengulangi pertanyaan dengan singkat apabila diperlukan.

4. Berikan kesempatan bagi Peserta lain memberikan pendapat

Sangatlah baik dalam proses pembelajaran apabila sebelum Trainer menjawab pertanyaan yang akhirnya menutup diskusi mengenai topik yang ditanyakan, Trainer memancing pendapat peserta lain dari pertanyaan yang diajukan. Setelah itu Trainer dapat menutup dengan pendapatnya atau kesimpulan.

5. Bila menghadapi pertanyaan sulit, jangan “Grogi”

Grogi saat menerima pertanyaan sulit dapat terjadi, tapi jangan kehilangan akal dalam menghadapi situasi ini. Trainer dapat saja menyimpan pertanyaan sulit untuk dijawab di sesi lain atau akhir sesi agar mempunyai waktu yang cukup untuk mencari informasi. Trainer dapat juga melakukan tips ke 4 untuk mengumpulkan informasi. Jawaban yang Grogi dapat dilihat sebagai jawaban yang tidak meyakinkan.

6. Jawab se-objective mungkin, hindari terlalu emotional

Jawab pertanyaan dengan landasan objektifitas, pakai metoda ”sebab-akibat” yang dapat dicerna dengan baik oleh orang lain. Dan jangan emotional yang dapat berkesan memaksa.

7. Pakai bahasa peserta

Gunakan bahasa peserta, bukan bahasa Trainer (yang mungkin ”hanya Trainer & Tuhan yang mengerti”).

8. Cari tahu apakah mereka Setuju

Menghindari ketidakpuasan, jangan sungkan tanyakan kembali kepada si penanya apakah dia setuju dan materi akan dilanjutkan kembali.

9. Akhiri dengan titik temu, tidak harus “solusi”

Suatu saat ada jawaban yang memang tidak harus disetujui oleh semua pihak, tapi kita kembalikan kepada peserta training. Yang terpenting peserta training dan Trainer tahu apa yang dapat mereka dapatkan untuk mengambil keputusan di kemudian hari.

10. Manage your Time

Bagaimapun menarikanya sesi diskusi atau tukar pikiran tetap saja wang Waktu menjadi pembatas anda. Jadi perhatikan selalu time keeper anda. Seyogyanya sesi pertanyaan adalah hal yang sudah dipertimbangkan dalam sesi training.

Artikel menarik lainnya :

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by WordPress | Designed by: wordpress themes free | Thanks to Find Free WordPress Themes, wordpress themes 2012 and WordPress Themes